Logo
Post 1

Cerita Plastik Fully Syafi

Events

Mendengar kalimat “PLASTIK” apa yang lantas terfikirkan dipikiran teman-teman? . . . . . .

Ya, akhir-akhir ini negara tercinta kita ini lagi di hebohkan oleh isu sampah plastik import dari beberapa negara besar seperti Amerika, Australia dll. Indonesia termasuk negara ke dua pengimport limbah sampah termasuk plastik terbanyak setelah China. Minggu lalu Jumat 21 Desember 2019, fotografer European Pressphoto Agency (EPA) Fully Syafi berbagi cerita tentang long term Projectnya tentang ” Cerita Plastik”.

Bertempat di Bohemian Café, Jl. Manggis, No.32, acara ini berlangsung lancar. Kajian tersebut fokus pada masalah sampah plastik. Proyek foto jangka panjang yang digarap oleh Fully mendapatkan sorotan dari media nasional maupun internasional. Isu lingkungan adalah salah satu isu yang tiada habisnya. Kota yang menjadi obyek foto oleh Fully adalah Mojokerto, tepatnya berada di Desa Bangun, Kecamatan Mojosari. Setidaknya ada sekitar 25 peserta yang hadir dan turut meramaikan kajian rutinan yang dimoderatori oleh Rizki Dwi Putra (@rizkidwiput) tersebut.

 

Fotografer Fully Syafi saat berbagi kepada teman-teman walkingalam bagaimana project foto "cerita pastik" yang dikerjakanya di bohaimain coffee Malang, 21 Desember 2019.
{"arrow":"true","pagination":"true","speed":"300","autoplay":"true","autoplay_speed":"3000","loop":"true","animation_flex":"slide","slide_to_show_flex":"1","max_slide_to_show_flex":"1","slide_to_scroll_flex":"1","slide_margin_flex":"0","slide_width_flex":"0","start_slide_flex":"0","ticker_hover_flex":"true","height_auto_flex":"false","random_start_flex":"false","caption":"true"}

 

Beberapa pertanyaan dilontarkan oleh para peserta berkaitan dengan penggunaan dan juga penanganan sampah plastik yang ada di lingkungan sekitar. Kansa (20), salah satu mahasiswi menuturkan, “dengan mengikuti acara ini, awareness terkait sampah plastik bisa didapatkan. Saya jadi lebih paham tentang pola pembuangan sampah, dan terinspirasi untuk turut mengurangi penggunaan sampah plastik.” Foto yang menjadi medium fotografi dapat memberikan peluang kepada masyarakat untuk terus mendokumentasikan apa saja isu yang sedang terjadi saat ini. Mengenalkan bagaimana sisi yang tepat untuk menceritakan kisah tentang ‘alam’ yang membutuhkan perhatian khusus agar berjalan sebagaimana mestinya.

Teks: @afifahrch

Foto: @yanuaart

BACK TO HOME